Selasa, 02 Oktober 2012

CC 200

CC 200


Lokomotif CC 200 adalah lokomotif diesel pertama di Indonesia , buatan pabrik General Electric tahun 1953. Lokomotif diesel elektrikdengan berat 96 ton ini dipesan oleh Indonesia sebanyak 27 buah. Lokomotif CC200 yang tersisa sekarang berada di Dipo LokomotifCirebon yaitu CC20015 yang masih dirawat dengan baik untuk dilestarikan. Dua "saudara" terakhirnya, CC 200 08 dan CC 200 09 sudah dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta setelah dinyatakan pensiun.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1750 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co' 2 Co' artinya, lokomotif ini memiliki dua bogie penggerak masing-masing dengan 3 gandar penggerak dengan 6 motor traksi dan satu bogie idle yang terdiri dari 2 pasang roda.

Dimensi
  • Lebar sepur (track gauge): 1.067 mm
  • Jarak antar alat perangkai: 17.070 mm
  • Lebar badan: 2.819 mm
  • Tinggi maksimum: 3.651 mm
  • Jarak gandar: 3.610 mm
  • Jarak antar pivot: 9.556 mm
  • Diameter roda penggerak: 908 mm
  • Tinggi alat perangkai: 760 mm
Berat
  • Berat kosong: 92 ton
  • Berat siap: 96 ton
  • Berat adhesi: 72 ton
Motor diesel
  • Tipe: ALCO 244E
  • Jenis: 4 langkah
  • Daya mesin: 1.750 HP
  • Daya ke generator/converter: 1.600 HP
Motor traksi/converter
  • Jumlah motor traksi: 6
  • Tipe motor: GE 761
Performansi
  • Kecepatan maksimum: 100 km/jam
  • Gaya tarik maksimum (adhesi): 15.120 kgf
  • Jari-jari lengkung terkecil: 140 m
Kapasitas
  • Bahan bakar: 1.900 lt
  • Minyak pelumas: 750 lt
  • Air pendingin: 900 lt
  • Pasir: 600 lt
Lain-lain
  • Sistem rem: udara tekan



Perusahaan pembuat
General Electric (USA)
ModelUM 106T
Spesifikasi
Susunan roda AARC-2-C
Klasifikasi UICCo'2'Co'
Lebar trak1.067 mm
Panjang17.000 mm
Lebar2.819 mm
Berat lokomotif92 ton
Kapasitas bahan bakar1.900 lt
Kapasitas pelumas750 lt
Kapasitas pendingin900 lt
Jenis mesinALCO 244E
GeneratorModel 5GT-581-A1
Motor traksi6 buah
Kecepatan maksimum100 km/jam
Keluaran daya1750 HP



Sekilas, lokomotif CC200 seri 15 yang diparkir di Depo Lokomotif Daops (daerah operasional) PT KA III Cirebon tidak berbeda dengan lokomotif lain. Tapi, bagi para pecinta kereta api, loko tersebut menyimpan sejarah dan keunikan. Itulah satu-satunya loko jenis tersebut yang masih tersisa di dunia
LOKOMOTIF CC 200 seri 15 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah Republik Indonesia dari pabrik General ElectricAmerika Serikat awal 1950-an. Sebelumnya ada tiga seri, yaitu 08, 09, dan 15. 
Kondisi CC200 seri 15 adalah yang terbaik daripada dua seri yang lain. Karena pertimbangan itu pulalah, dua seri lainnya dikanibal untuk mempertahankan seri 15. Spare part dua seri lainnya diambil untuk mengganti spare part seri 15 yang rusak. 
Bagi pecinta kereta api, lokomotif CC200 merupakan barang kuno yang menarik dan menakjubkan. Pada Oktober 2001, komunitas pencinta kereta api Indonesia bahkan membentuk kelompok kerja Friends of CC200. 
Sejak 25 Agustus 2003, lokomotif CC200 15 ditugaskan sebagai loko kas yang sudah menjadi tradisi sejak zaman kolonial Belanda. Loko kas berhenti di setiap stasiun rute Cirebon-Tanjung Rasa untuk mengambil setoran uang penghasilan masing-masing stasiun. 


1 komentar:

  1. Casinos in and around Wynn Las Vegas and Encore Restaurants
    Explore the menus and food, make 정읍 출장마사지 your reservation online, or 울산광역 출장마사지 choose a table at the Wynn buffet. The main menu features a live 제주 출장안마 table, 화성 출장마사지 a bar and a 김해 출장샵

    BalasHapus